Senin, 18 April 2011

Kepribadian Bangsa Timur

Indonesia memiliki beragam budaya, suku dan adat istiadat, Indonesia sebagai bagian dari negara-negara yang ada dalam posisi benua asia memilliki adat yang di sebut adat ketimuran yang berbeda dengan adat atau budaya barat.
Indonesia memiliki berbagai suku, contohnya jawa, batak, sunda, banjar. dayak, bugis, asmat, dan lain-lain
Indonesia terkenal dengan keramah-tamahan masyarakatnya dan tingginya rasa saling menghormati antar sesama terciptanya negara ini dapat menyatukan semua suku yang bisa saling terbuka dan menerima penduduk dan suku lain
Dalam era globalisasi ini, bukan hanya perdagangan bebas saja yang di utamakan dan menjadi program kerja negara-negara di dunia ini. Namun juga kebudayaan negara-negara kuat mengekor bahkan secara langsung bisa di terima di bumi pertiwi ini, lalu bagaimana dan seperti apa kepribadian bangsa indonesia ?
Bukan berarti kepribadian negara luar itu buruk atau kepribadian kita yang bagus, Namun perlu kita cermati apakah cocok atau tidak kebudayaan luar itu kita adopsi, ? selama ini kita akan mengikuti jaman atau trend yang up to date, dalam berpakaian, dalam pemikiran, meningkatkan rasa gengsi, individuallisme dan lain sebagainya yang berbau kepribadian barat.
Dalam pandangan hidup masyarakat indonesia yang memiliki adat ketimuran, rasa toleransi,ramah. sopan santun, saling menghargai, gotong royong dan sebagainya selalu menjadi dasar dalam hidup bermasyarakat bedanya dengan kepribadian orang-orang barat. disana mereka berfikir individualisme. Bermasyarakat atas dasar kegunaan itulah pandangan mereka yang telah berbentuk sajak dari migrasinya orang inggris ke benua amenika dan sejak jaman revolusi industri.
Pemikiran ini terbentuk karena proses kehidupan mereka yang selalu berfikir logis, struggle untuk hidup bagaimana tidak, ketika mereka berpindah dari tanah inggris  buruh-buruh banyak yang di telantarkan, mereka berjuang untuk hidup dan mulai untuk mementingkan diri sendiri.
Kadang kita tidak menyadari bahwa sekarang ini masyarakat Indonesia sedang menyeimbangkan gaya hidup serta menyadur pemikiran orang-orang barat dalam artian meniru bukan menjadikan referensi.
Jika kita bisa melihat esensi pemikiran masyarakat desa yang masih alami di indonesia ini mungkin kita akan sadar bahwa inilah kepribadian bangsa kita yang dulu menjadi ciri khas bangsa ini yang cantik dengan adat ketimurannya
Ini menegaskan kita bahwa kepribadian individual atau masyarakat, sangat berpengaruh dalam lahirnya sebuah kebudayaan manusia dan mendorong terbentuknya kepribadian umum suatu bangsa untuk memahami jati diri bangsa ini, tak perlu seluruh masyarakat di negara ini sadar akan jati diri bangsa ini, mulailah dari kita sendiri kenali kepribadian bangsa kita yang tercinta ini.
Ingatlah dengan adat-adat ketimuran kita yang beraneka ragam, Namun saling menghargai dari satu visi alangkah indahnya jika kita selalu berpegang teguh pada adat yang telah membentuk kepribadian umum bangsa ini.
Sumber Telah di olah dan di perbaharui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar